Museum Wasaka

by - April 15, 2018


Museum Wasaka Menyimpan Kisah Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan. Wasaka sendiri adalah singkatan dari Waja Sampai Ka Putting yang berarti perjuangan yang tiada henti hingga tetes darah penghabisan. Kalimat itu merupakan moto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Museum Wasaka diresmikan pada tanggal 10 November 1991, bertempat di rumah Banjar Bubungan Tinggi yang kemudian dialihfungsikan dari bangunan hunian menjadi museum. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya konservasi bangunan tradisional.


Di dalamnya tersimpan sekitar 400 benda - benda bersejarah yang dipamerkan di museum ini, terutama yang berkaitan dengan sejarah perjuangan rakyat dan pemuda Kalimantan Selatan Ada juga benda-benda peninggalan sejarah seperti: mesin ketik kuno, kamera, cermin, tombak, mandau, senapan, mortir, serta empat buah kursi yang konon dulunya dipakai sebagai tempat pejuang Kalimantan Selatan bermusyawarah. Sementara dinding yang mengelilingi kursi-kursi itu memuat deretan gambar gubernur pertama hingga yang menjabat sekarang.

Rumah ini masih tampak lengkap unsur tradisionalnya seperti tangganya, ukirannya, watun atau kayu pembatas di bagian bawah pintu-pintunya hingga lalungkang atau jendelanya yang khas Banjar. Di seberangnya ada dermaga dan Sungai Martapura. Berkunjung ke Museum Wasaka tidak akan rugi, selain bisa mendapatkan pengetahuan dan juga bisa sekaligus berekreasi bersama keluarga dan teman-teman.

Lokasi : Sungai Jingah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

You May Also Like

0 comments