RUMAH BETANG

by - March 25, 2018

RUMAH BETANG

Rumah panjang suku Dayak merupakan tempat tinggal yang dihuni oleh beberapa keluarga, dimana seluruh keluarga inti berdiam. Rumah panjang ini, dikenal dengan betang atau lamin yang umumnya terletak di pinggiran sungai dan dibangun di atas tiang yang kokoh agar terhindar dari banjir musiman.

Rumah betang ini biasanya dibangun di atas tiang setinggi 5 sampai 8 meter, sedangkan untuk masuk ke dalam rumah menggunakan tangka (tangga). Karena tangganya yang kurang kokoh maka Anda harus berhati-hati ketika menaikinya. Saat ini keberadaan rumah panjang mulai menghilang dan tidak dihuni karena masyarakat memilih untuk tinggal di rumah yang lebih kecil dari pada tinggal di sebuah rumah yang dihuni oleh beberapa keluarga besar.

Rumah panjang dihuni oleh sejumlah keluarga besar. Contohnya seperti rumah panjang di Putussibau, daerah dataran tinggi Sungai Kapuas, rumah panjang di sini memiliki 54 bilik yang dihuni oleh beberapa keluarga. Namun ada satu beranda yang digunakan sebagai tempat pertemuan, ritual, upacara, pertunjukan budaya, dan juga aktivitas umum lainnya.

You May Also Like

0 comments